Era pembelajaran digital di SMPK Trimulia bandung sudah dimulai sejak tahun 2012. Guru dan siswa di sekolah SMPK Trimulia menggunakan buku-buku elektronik yang disajikan dalam sebuah perangkat keras bernama tablet. 

Dalam banyak literature disebutkan bahwa integrasi teknologi dalam kegiatan belajar mengajar berdampak positif tidak hanya pada hasil belajar siswa, tetapi juga pada motivasi dan tingkat kepercayaan diri siswa dalam proses pembelajaran. TIK dalam pembelajaran juga mencakup penggunaan tablet sebagai media dan sumber pembelajaran. Perangkat tablet memungkinkan format buku elektronik dengan dukungan image, audio dan video sehingga materi pembelajaran menjadi menarik serta dapat dengan mudah dipahami oleh siswa.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan tablet dalam mendukung pembelajaran digital di sekolah. 

Pertama, belajar dari pengalaman. Sebenarnya, penggunaan tablet untuk membaca buku elektronik bukanlah hal yang baru di dunia pendidikan tanah air. Tahun 2008 Departemen pendidikan nasional (sekarang Kemdikbud) mengeluarkan buku sekolah elektronik (BSE). Untuk mendukung program buku elektronik tersebut, pemerintah memberikan sarana pendukungnya yaitu e-book reader (perangkat keras untuk membaca buku elektronik) ke sekolah. 

Kedua, pendidikan literasi digital. Membawa tablet kedalam proses pembelajaran tentunya harus diiringi dengan pendidikan literasi digital supaya teknologi canggih tersebut dapat digunakan dengan effective khususnya dalam meningkatkan hasil pembelajaran di sekolah.  Di sekolah, pendidikan literasi digital harus mencakup dua hal yaitu pendidikan literasi informasi dan literasi media informasi. Di negara-negara maju, pendidikan literasi terintegrasi dengan kurikulum sekolah sebagai penyeimbang penggunaan teknologi pembelajaran di kelas. 

Ketiga, kesiapan guru. Penggunaan perangkat teknologi canggih di kelas pembelajaran tentunya harus dengan kesiapan guru yang baik. Guru yang siap dengan sikap terbuka menggunakan TIK akan berpengaruh positif terhadap aktivitas pembelajaran. Kesiapan guru bukan hanya ditunjukkan oleh seberapa mampu guru menggunakan TIK tetapi juga tingkat pengetahuan guru tentang teknologi, pedagogi dan materi pembelajaran. Dalam banyak literature pengetahuan guru tentang tiga aspek teknologi, pedagogi dan materi pelajaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran berbasis TIK sehingga pembelajaran tersebut dapat bermakna. Dengan pengetahuan ini guru tahu jenis teknologi yang tepat untuk memfasilitasi sebuah topic pembelajaran serta capaian yang akan diperoleh melalui dukungan teknologi tersebut. Selain itu, guru juga mampu dalam melakukan control penggunaan TIK oleh siswa selama proses pembelajaran sehingga kegiatan yang tidak terkait dengan aktivitas belajar siswa dapat dihindari. 

Jumat, 27 Juli 2018 SMPK Trimulia membagikan Tablet secara gratis kepada seluruh siswa kelas 7 sebagai bagian cara memotivasi tingkat lepercayaan diri siswa dalam proses pembelajaran. Dan pada tanggal 30 Juli 2018, siswa/i kelas 7 dibekali pengetahuan bagaimana menggunakan tablet untuk menerima dan memperlajari berbagai topik pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, mengirimkan hasil kerja siswa dalam bentuk file yang langsung diolah dengan program unggulan SMPK Trimulia (E-SMP.Trimulia.edu), memberikan umpan balik kuisioner siswa tentang extrakurikuler, mempraktekkan menjawab soal-soal latihan atau ujian yang telah dijadwalkan oleh masing-masing guru mata pelajaran, dan masih banyak manfaat lain lagi.

 

 

 

Apertura de cuenta bet365.es